Jumat, 24 Juli 2009

  • H o m e
  • Jenis-jenis Ikan Hiu di Dunia

    Ikan hiu sebenarnya adalah hewan yang termasuk dalam kelas mamalia yang melahirkan anaknya ( vivipar ) dan kemudian menyusui anaknya sampai anaknya mandiri . Sebaiknya juga harus anda ketahui bahwa ikan hiu adalah predator puncak dalam komunitas laut yang artinya dia hanya memakan biota lainnya di dalam laut kecuali tumbuhan dan tidak ada satupun biota lainnya di dalam laut yang memangsanya , dia adalah raja di dalam lautan namun , keberadaannya sangat sedikit sekali atau hampir punah oleh karena itu agar keberadaannya tidak punah sebaiknya anda harus mengetahui jenis - jenis ikan hiu di dalam biota laut dan berikut adalah jenis - jenisnya ;
    • Ikan Gitar Brazillia (Brazillian Guitar Fish), Rhinobatos horkeli. Klasifikasi IUCN : Critically Endangered (nyaris punah). Distribusi : Atlantik barat, antiles kecil sampai Brasil selatan.Ancaman : Overfishing
    • Ikan Hiu Bidadari Pasifik (Pasific Angel Fish), Squatina californica. Klasifikasi IUCN : Risk/Near threatened (beresiko rendah/hamper terancam. Distribusi : Pasifik timur dari Alaska sampai Mesiko dan dari Ekuador sampai Chili Ancaman : Overfishing.
    • Penyengat Raksasa Perairan Tawar (Giant Freshwater Stingray), Himantura Chaophray. Klasifikasi IUCN : Vulnerable (subpopulasi di Thailand adalah CriticallyEndangred). Distribusi : Asia Tenggara dan Oseania.Ancaman : Overfishing, perubahan habitat.
    • Ikan Hiu Biru (Blue shark), Prionace glauca. Klasifikasi IUCN : Lower Risk/Near Threatened (beresiko lebihrendah, agakterancam). Distribusi : lautan terbuka, ditemukan di Indinasea.Ancaman : incidential catch.
    • Ikan Hiu Sungai Gangga (Ganges Shark), Glycis gangeticus. Klasifikasi IUCN : Critically Endengered. Distribusi : Indo Psifik barat, India, Pakistan, Taiwan. Ancaman : Overfishing.
    • Ikan Hiu Abu-abu (Dusky Shark), Carcharhinus obscurus. Klasifikasi IUCN : Lower Risk/Near Threatened (beresiko lebihrendah, agakTerancam). Distribusi : Atlantik barat, timur dan utara , Pasifik barat dan timur.Pasifik barat dan timur. Ditemukan di Indonesia. Ancaman : Overfishing.
    • Ikan Hiu Rajawali (Porbeagle Shark), Lamna nasus. Klasifikasi IUCN : Lower Risk/Near Threatened. Distribusi : Perairan dingin Atlantik utara dan Selatan, Pasifik selatan. Ancaman : penangkapan untuk daging dan siripnya.
    • Ikan Hiu Pondichery (Pondicherry Shark), Carcharhinus hemi. Klasifikasi IUCN : Vulnerable. Distribusi : Indo Pasifik barat. Ancaman : penangkapan untuk daging dan siripnya.
    • Ikan Hiu Gergaji Bergigi Kecil (Smalltooth Sawfish), Pristis pectinata. Klasifikasi IUCN : Endangered. Distribusi : Atlantik barat dan timur, Indo Pasifik barat.
    • Ikan Hiu Kelabu (Grey Nurse Shark), Carcharis taurus. Klasifikasi IUCN : Vulnerable.Distribusi : Perairan paparan kontinetral subtropics, iklim sedang dan dingin. Ancaman : Incidental catch. Di atas adalah sebagian dari jenis - jenis ikan hiu yang ada di seluruh dunia di Indonesia khususnya juga terdapat beberapa jenis ikan hiu yang sudah dilindungi oleh negara kesatuan republik indonesia yaitu ; -Hiu Sentani dan kerabatnya sudah dilindungi. Ikan hiu Pristis spp di Indonesia dijumpai di sungai-sungai besar di Sumatera, Kalimantan dan Papua. Yang terdapat di Danau Sentani (Papua) merupakan suatu keunikan karena hidup di air tawar dan telah dilindungi UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Hayati sejak 10 tahun yang lalu berdasarkan Surat keputusan Menteri Pertanian. Kemudian dicantumkan dalam daftar lampiran PP No. 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis tumbuhan dan satwa. Merupakan satu-satunya marga ikan hiu atau ikan pari yang telah dilindungi di Indonesia.Sampai saat ini penangkapan terhadap ikan hiu masih terus terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia . Namun , semenjak dicanagkan uu PP No. 7 Tahun 1999 sudah mulai diberlakukan hukuman akan penangkapan hiu liar di Indonesia oleh rakyat Indonesia sendiri maupun turis asing .

    2 komentar:

    1. bagus artikelnya gan ...
      salam kenal

      BalasHapus
    2. Mantap gan artikelnya..sangat menambah pengetahuan saya.. Salam kenal gan..

      BalasHapus